Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengatakan Hari Raya Idul Fitri hampir bisa dipastikan jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Jika ini terjadi, lebaran pemerintah dengan ormas Muhammadiyah akan bersamaan. Muhammadiyah sebelumnya sudah menetapkan Idul Fitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.

“Kemudian Idul Fitri hampir bisa dipastikan jatuh tanggal 10 April 2024,” kata Muhadjir usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, Senin (25/3).

Sementara itu, ia menjelaskan puncak arus mudik bakal terjadi pada 5-8 April dan puncak arus balik terjadi pada 13-16 April.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jumlah pemudik berdasar hasil survei diprediksi sekitar 193 juta, atau kenaikan 50 persen dibanding mudik tahun lalu,” ucapnya.

Sebelumnya Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito juga sempat memprediksi lebaran Idulfitri 1445 Hijriah /2024 tak ada perbedaan. Semuanya merayakan di hari yang sama.

Hal itu disampaikan dirinya ketika memimpin rapat koordinasi lintas sektor membahas persiapan Idul Fitri 1445 Hijriyah dan arus mudik Lebaran tahun 2024, Jumat (15/3).

“Perayaan Idulfitri tahun 1445 Hijriyah ini sepertinya tidak terjadi perbedaan, meskipun tetap harus menunggu hasil sidang isbat di akhir Ramadan nanti,” kata Warsito dalam keterangannya, Sabtu (16/3).

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengungkap pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah kemungkinan besar serempak antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

“Untuk Idulfitri dari hasil kajian dan pengumpulan informasi sama untuk yang Idulfitri. Jadi kemungkinan berbeda itu tipis,” kata Haedar ditemui di FIP UNY, Sleman, DIY, Kamis (21/3).

Akan tetapi, lebih penting bagi Haedar untuk tak memandang beda atau sama waktu pelaksanaan lebaran itu. Melainkan, fokus menjadikan ibadah puasa dan Hari Raya Idulfitri untuk mencerahkan serta mematangkan pribadi atau perilaku masing-masing.

(yoa/sur)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *