Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan Sidang Isbat penentuan 1 Syawal atau Hari Raya Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah akan digelar tanggal 9 April 2024.

“Untuk Sidang Isbat tetap kita laksanakan pada tanggal 9 April 2024,” kata Saiful usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, Senin (25/3).

Menurutnya, posisi hilal saat itu telah memenuhi kriteria MABIMS atau Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yaitu tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

Dengan demikian, Hari Raya Idul Fitri diprediksi jatuh pada 10 April.

“Seperti disampaikan Bapak Menko (PMK), dengan kondisi seperti itu, Insya Allah Hari Raya Idul Fitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat Muslim di Indonesia. Tapi nanti akan kita konfirmasi lagi pada 9 April untuk melakukan Sidang Isbat di Jakarta,” katanya.

Diketahui, jika Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 10 April, lebaran pemerintah dengan ormas Muhammadiyah akan bersamaan.

Muhammadiyah sebelumnya sudah menetapkan Idul Fitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir sebelumnya juga mengungkap pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah kemungkinan besar serempak antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

“Untuk Idulfitri dari hasil kajian dan pengumpulan informasi sama untuk yang Idulfitri. Jadi kemungkinan berbeda itu tipis,” kata Haedar beberapa waktu lalu.

(yoa/isn)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *