Jakarta, CNN Indonesia

Polri menyiapkan sebanyak 5.784 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Kurang lebih 5.784 pos yang akan disiapkan untuk memberi pelayanan, apakah itu yang ada di jalan tol, rest area, arteri, dan juga termasuk jalur-jalur yang kita siapkan untuk memberikan pengamanan di wilayah wisata,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, di Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Sigit mengatakan pada Operasi Ketupat tahun ini, setidaknya ada 155.165 personel gabungan yang dikerahkan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasar data, kata dia, diprediksi terjadi peningkatan pemudik sebesar 56 persen dibandingkan 2023.

“Tentu untuk mudik kali ini kita persiapkan strategi terkait rekayasa lalu lintas yang akan dilaksanakan, termasuk sebelumnya didahului dengan survei, khususnya di jalur yang mulai dari Banten dan Jatim untuk mengetahui titik mana yang harus diperbaiki,” ujarnya.

Sigit menjelaskan dalam rapat tersebut, juga dibahas soal buffer zone, khususnya yang akan masuk wilayah penyeberangan Merak, karena berpotensi terjadi kepadatan.

“Sehingga masyarakat mau tidak mau harus menunggu beberapa jam untuk masuk Merak. Tentunya buffer zone juga menjadi evaluasi kami. Baik mengarah Merak atau sebaliknya dan juga Ketapang-Gilimanuk dan sebaliknya,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan puncak arus mudik bakal terjadi pada 5-8 April dan puncak arus balik terjadi pada 13-16 April.

“Jumlah pemudik berdasar hasil survei diprediksi sekitar 193 juta, atau kenaikan 50 persen dibanding mudik tahun lalu,” ucap Muhadjir.

(yoa/isn)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *