Makassar, CNN Indonesia

Warga Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan panik berlarian keluar rumah setelah merasakan getaran disertai suara gemuruh saat terjadi gempa bumi malam ini.

Salah satu warga Bone, Tri Pakar Sastika mengaku mendengar suara gemuruh serta merasa bergoyang saat terjadi gempa bumi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kaget, terus ada suara kayak gemuruh, setelah itu langsung goyang,” kata Tri kepada CNNIndonesia.com, Senin (25/3).

Tri merasakan getaran gempa sekitar lima detik sehingga. Ia bersama keluarganya pun langsung lari keluar rumah.

“Ada suaranya, sebelum goyang, ngeri suaranya. Baru pertama kali dengar. Makanya langsung lari ke luar rumah,” ujarnya.

Tri mengaku baru mengetahui gempa bumi di Kabupaten Bone, setelah melihat informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 4 Makassar.

“Ternyata pusat gempa di Bone,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Irwan Slamet mengatakan gempa bumi di wilayah Kabupaten Bone terjadi pada Senin (25/3) sekitar pukul 21.21 WITA.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 3,6. Episenter gempa bumi berlokasi di darat pada jarak 36 km arah Timur Laut Bone, Sulawesi Selatan pada kedalaman 7 km,” kata Irwan dalam keterangan tertulis.

Irwan menjelaskan gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal. Menurutnya, gempa bumi dirasakan di Watampone dan Mare dengan intensitas III MMI (terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan terjadi gempa berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang Sigi, Sulawesi Tengah.

Pusat gempa berada di 40 km Tenggara Sigi, Sulawesi Tengah. Lokasi tepatnya berada di 1.51 Lintang Selatan, 120.22 Bujur Timur di kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pada pukul 19.57 WIB.

(mir/fra)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *