Jakarta, CNN Indonesia

Seorang perwira tentara Amerika Serikat (AS) diduga hilang usai terpisah dari rombongan latihan gabungan di kawasan hutan Karawang, Jawa Barat.

Ia diduga hilang saat mengikuti latihan gabungan di sekitar hutan Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Arif Budiman mengatakan  peristiwa diduga hilangnya seorang perwira US Army terjadi pada Senin (22/4) sekira pukul 14.00 WIB.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pihaknya pun, sambung Arif, masih menyisir lokasi sekitar diduga menjadi titik hilangnya tentara AS tersebut.

“Iya tentara Amerika, kalau kejadian hilang itu kemarin, kita masih menyisir di wilayah Desa Karanganyar,” ucap Arif, Selasa (23/4).

Berdasarkan berbagai sumber informasi yang beredar pada Senin malam lalu, tentara AS yang hilang di hutan Karawang itu adalah Major William Walker dari satuan Aviation Officer. Dia tergabung dalam tim Tinjau Medan pada Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) SGS TNI dan US Army yang berlangsung di Karawang Baru, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

Arif mengatakan, pihaknya telah melakukan pencarian sejak diberi laporan pada Senin malam lalu.

Dia mengatakan korban diketahui sempat mengirimkan lokasi terakhir. Titik itu berjarak 1,5 jam jarak tempuh berjalan kaki dari lokasi posko utama menuju lokasi terakhir korban.

“Korban hilang dilaporkan membawa HP iPhone miliknya. Melalui GPS yang dikirim dari HP korban, diketahui lokasi terakhirnya berada di sebuah galian hutan, yang berjarak 1 jam 30 menit dari posko utama di Perumahan Karawang Baru,” kata dia.

Arif menerangkan, pihaknya tengah melakukan pencarian bersama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas terdekat, serta pihak Kodim 0604 Karawang, dan Yonif 305 Karawang.

“Iya kita bareng dengan Babinsa, Bhabikamtibmas, termasuk juga dari Kodim dan Yonif 305, kita juga sebar informasi kepada warga melalui foto korban,” imbuhnya.

Mengenai kronologi, Arif mengaku tak dapat menjelaskan lebih detail, sebab masih dalam penyelidikan pihak TNI.

“Informasinya korban terpisah dari rombongan, tapi kita belum bisa menjelaskan lebih lengkap,” kata dia.

Mengutip dari detikJabar, Dandim 0604 Karawang sejauh ini belum memberikan keterangan terkait peristiwa hilangnya tentara AS dalam latgab bersama TNI itu.

Baca berita lengkapnya di sini.

(tim/kid)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *