Jakarta, CNN Indonesia

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku sedang mempertimbangkan untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

“Saya sedang terus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, dan pada waktunya saya akan memutuskan,” kata dia, kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/5).

Sudirman mengklaim beberapa partai politik telah berkomunikasi dengannya untuk menanyakan kesediaan dicalonkan di Pilgub Jakarta.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bahkan, ia mengatakan ada sejumlah tokoh dan komunitas yang sudah lama memintanya mempertimbangkan untuk ikut serta dalam Pilkada di Jateng maupun di Jakarta.

“Mereka melakukan berbagai inisiatif, antara lain menjajaki persyaratan bila maju melalui jalur perseorangan. Saya menghormati aspirasi mereka,” kata dia.

Sudirman menegaskan rencana maju sebagai calon independen di Pilgub DKI Jakarta merupakan inisiatif teman-temannya yang mendukung, sehingga inisiatif tersebut harus dihormati.

“Bagi saya, maju atau tidaknya ke Pilkada Jakarta adalah urusan publik, bukan agenda pribadi saya. Jadi biarkan publik yang mengelola prosesnya,” kata dia.

Kabar Sudirman akan maju sebagai calon gubernur Jakarta dibenarkan oleh Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya.

Ia mengatakan tim dari Sudirman Said sudah berkonsultasi dengan KPU Jakarta untuk maju sebagai bakal calon gubernur dari jalur perseorangan atau independen tahun 2024.

“Kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan,” kata Dody dalam keterangannya di Kantor KPU Jakarta, Jumat (10/5).

“Pak Sudirman Said sudah mengajukan akses Silon [Sistem Informasi Pencalonan],” tambahnya.

Dody menjelaskan Sudirman Said akan berpasangan dengan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Abdillah Mansuri lewat jalur independen.

(rzr/pmg)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *