Jakarta, CNN Indonesia

Mantan Co-captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 2024, Sudirman Said mempersiapkan diri maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari jalur perseorangan di Pilkada 2024.

Hal itu diungkap oleh Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya. Dody menyebut Sudirman telah mengajukan akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan,” ucap Dody di Kantor KPU Jakarta, Jumat (10/5).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ini bukan pertama kali Sudirman ikut dalam pemilihan gubernur. Pada Pilkada Serentak 2018, dia mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Tengah.

Saat itu, Sudirman berpasangan dengan politikus PKB yang saat ini menjabat Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Mereka diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PKB.

Sudirman dan Ida menghadapi pasangan calon petahana Ganjar Pranowo dan Taj Yasin. Ganjar-Yasin diusung PDIP, PPP, Partai Demokrat, dan Partai NasDem.

Kala itu, politik nasional masih terbelah ke dalamdua poros. Poros pemerintah pendukung Joko Widodo dan poros oposisi yang disimbolkan Prabowo Subianto.

Sudirman-Ida kalah dari Ganjar-Yasin. Mereka memperoleh 7.267.993 suara atau 41,22 persen suara sah. Adapun Ganjar-Yasin memperoleh 10.362.694 suara atau 58,78 persen suara sah.

Sudirman dan Prabowo sempat berencana menggugat hasil itu ke MK. Namun, akhirnya Sudirman mengakui keunggulan Ganjar yang telah ditetapkan KPU.

“Akhirnya kepada pasangan calon nomor 1, saudara Ganjar Pranowo dan Taj Yasin yang oleh KPU Jawa Tengah baru saja dinyatakan memperoleh suara formal paling banyak, kami berdua, Sudirman Said dan Ida Fauziyah, beserta seluruh partai pendukung dan relawan mandiri, mengucapkan selamat bekerja, mengemban amanah seluruh warga Jawa Tengah,” ujar Sudirman, 9 Juli 2018.

Setelah Pilgub Jateng 2018, Sudirman masih aktif di kancah politik nasional. Dia sempat menjadi Direktur Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

Lima tahun berikutnya, Sudirman menyeberang ke kubu Anies Baswedan. Dia menjadi Co-captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Sudirman Said.

Saat ini, Sudirman bersiap maju di Pilgub DKI. Jika terpilih, ia akan menduduki posisi gubernur yang sebelumnya dimenangkan Anies Baswedan pada Pilkada DKI 2017.

“Saya sedang terus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik, dan pada waktunya saya akan memutuskan,” ucap Sudirman setelah timnya meminya akses pendaftaran ke KPU DKI Jakarta, kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/5).

(dhf/bmw)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *